Arkeolog Temukan Makam Kuno Penuh dengan Emas dan Benda Bersejarah

JAKARTA – Para arkeolog berhasil menemukan makam berisi emas dan tembikar kuno di Taman Arkeologi El Cano di distrik Nata, Panama. Temuan ini memberikan gambaran kompleksnya masyarakat Cokle pada masa pra-Hispanik.

Makam tersebut diyakini milik seorang bangsawan Cocle dan berasal dari tahun 750 Masehi. di tahun zaman kita. Taman Arkeologi El Kano terkenal dengan pekuburan pemakaman dan monolit batu yang berasal dari tahun 700-1000 SM. di tahun zaman kita. Penjelajah Amerika Hyatt Verrill pertama kali menemukan pentingnya tempat ini. Dia mengerti pada tahun 1925. ketika dia menemukan monolit kuno di dekat Sungai Rio Grande.

Arkeonews memberitakan, Senin (4/3/2024), Linette Montenegro, direktur warisan nasional Kementerian Kebudayaan (MiCultura), menjelaskan bahwa temuan tersebut merupakan bagian dari proyek arkeologi yang dilakukan di taman tersebut.

Proyek ini akan dimulai pada tahun 2022 dan akan dibiayai berdasarkan perjanjian kerja sama antara Kementerian Kebudayaan dan Yayasan El Cano untuk mausoleum no. 9 tahun 2021-2024

Isi kuburan terdiri dari 5 buah kalung, 2 buah ikat pinggang manik-manik emas, 4 buah gelang, 2 buah anting, 1 buah anting buaya, 1 buah kalung manik-manik, dua buah lonceng, sebuah gelang dan rok dalam berbentuk anjing bergigi, juga sesuai rencana. seruling tulang adalah kesaksian kekayaan budaya dan sosial masyarakat Koklin.

Dr. Julia Mayo, direktur El Cano Foundation dan kepala proyek arkeologi sejak dimulainya tahun 2008, menekankan pentingnya penemuan ini. Dimiliki oleh seorang pria berstatus tinggi, koleksi ini adalah jendela kehidupan dan kematian bangsawan Rio Grande. Dibangun sekitar tahun 750 Masehi, makam ini sangat menarik karena adanya petugas kurban yang dikuburkan bersama kaum bangsawan, yang menandakan penguburan yang banyak dan bersamaan.

Dr. Mayo mengatakan, proses penggalian masih berlangsung sehingga sulit mengetahui jumlah pasti orang yang terkubur di makam tersebut. Menurutnya, metode penguburan yang terkenal dengan menguburkan sejumlah orang dalam satu kuburan, memberikan informasi berharga tentang kepercayaan penguburan dan ritual Koklnik.

Dr. Mayo mencatat bahwa bangsawan Cokle dikuburkan dengan wajah menghadap ke bawah, seperti kebiasaan dalam budaya, seringkali di atas jenazah seorang wanita.

Dibangun sekitar tahun 700 jalan. Kr. dan ditinggalkan sekitar 1000 jalan. SM, Taman Arkeologi El Kano telah menghasilkan temuan arkeologis yang penting. Selain monolit, situs tersebut dikubur dengan struktur kayu dan dilengkapi ruang ritual. Penemuan ini menonjol karena keunikan dan wawasannya mengenai praktik penguburan masyarakat Kokl.

Sony Bantah Rumor Tinggalkan Pasar Ponsel Cina, Sebut Pasar Terpenting

Collected Poets, Jakarta – Belakangan ini beredar rumor Sony akan hengkang dari pasar ponsel pintar China, dan hal tersebut dibantah keras oleh pihak perusahaan sendiri. Sony telah mengeluarkan pernyataan yang menegaskan kembali komitmennya terhadap wilayah tersebut.

“Banyak bisnis Sony di Tiongkok, termasuk bisnis telepon selulernya, sedang berkembang pesat. “Tiongkok adalah salah satu pasar luar negeri Sony yang paling penting dan kami menantikan perkembangan masa depan di Tiongkok,” kata Sony Tiongkok dalam pernyataannya yang dikutip Gizmochina pada 11 Maret 2024. “.

Pernyataan tersebut memberikan kejelasan yang sangat dibutuhkan seiring dengan masih adanya spekulasi mengenai masa depan Sony di Tiongkok. Meskipun pangsa pasar ponsel pintar Sony telah menurun di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan tersebut tampaknya bertekad untuk mempertahankan kehadirannya di pasar yang kompetitif.

Sony pertama kali memasuki pasar ponsel pintar Tiongkok lebih dari satu dekade lalu ketika mereka membeli saham Ericsson dalam sebuah usaha patungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah berjuang untuk mempertahankan pertumbuhan pesat dan persaingan yang kuat di pasar Tiongkok. Namun, perusahaan masih menjual ponsel terkini termasuk Xperia PRO-I, Xperia 5 III, Xperia 1 V, Xperia 5V, dan Xperia1 IV melalui situs webnya di Tiongkok.

Smartphone yang akan datang

Sony saat ini dikabarkan sedang mengerjakan beberapa ponsel baru yang akan debut pada tahun 2024, termasuk Sony Xperia 1 VI dan 5 VI.

Kami belum tahu banyak tentang smartphone ini. Namun, beberapa bocoran telah mengungkapkan beberapa detail mengenai hal itu. Misalnya, laporan pada bulan Januari mengungkapkan bahwa Xperia I VI akan menampilkan kamera 48MP di ketiga kameranya.

Demikian pula, kedua perangkat diharapkan mendapatkan fungsi yang akan menandatangani foto secara digital saat Anda mengkliknya, yang akan memastikan keakuratannya dan, yang lebih penting, mencegah Annoying.

Selalu update informasi terbaru. Simak berita terkini dan pilihan Collected Poets di channel Telegram “Collected Poets Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu menginstal perangkat lunak Telegram terlebih dahulu.

Sony dikabarkan telah menghentikan produksi Xperia 5. Perusahaan telah memberikan prioritas pada peningkatan teknologi Xperia 1 Series. Baca selengkapnya

Xiaomi belum bisa mengatasi perangkat yang crash akibat update HyperOS. Salah satu seri yang terdampak adalah 11 Lite NE 5G. Baca selengkapnya

Bocoran mengenai kehebatan PS5 Pro mulai bocor ke publik. Konsol Playstation terbaru ini diklaim tiga kali lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya. Baca selengkapnya

Nilai tambah fungsionalitas terbaru di Android 15 terletak pada akurasi dan presisi pelacakannya. Baca selengkapnya

Spekulasi saat ini adalah Sony PS5 Pro akan diluncurkan pada bulan November. Baca selengkapnya

Pada bulan Februari 2023, WhatsApp meluncurkan fitur baru bernama Status Suara, yaitu cara menambahkan musik ke status WhatsApp. Baca selengkapnya

Sony dapat mengganti rasio aspek 21:9 yang lama dan beralih ke 19,5:9

Redmi Note 13 Turbo yang akan menjadi ponsel eksklusif China akan dikemas ulang menjadi Poco F6 di pasar global. Baca selengkapnya

WhatsApp memungkinkan transfer riwayat obrolan dan koneksi media ke perangkat baru tanpa memerlukan perangkat lunak pihak ketiga. Baca selengkapnya

Perusahaan telah resmi mengonfirmasi bahwa Realme GT Neo6 SE akan menjadi smartphone pertama yang ditenagai chip Snapdragon 7+ Gen 3. Baca selengkapnya

Pelanggan IndiHome Diajak Karaoke Biar Enggak ‘Bete’

Collected Poets Tekno – Telekomunikasi Selular atau Telkomsel meluncurkan platform over-the-top (OTT) IndiHome Karaoke, sebuah layanan hiburan digital yang menawarkan pengalaman karaoke interaktif di IndiHomeTV. Sekadar informasi, layanan ini diluncurkan pada masa pandemi Covid-19. Namun kali ini IndiHome Karaoke telah melakukan beberapa pembaharuan pada layanannya untuk memenuhi kebutuhan hiburan pelanggannya. Pelanggan IndiHome dapat menikmati layanan IndiHome Karaoke dengan membeli paket tambahan atau add-on dengan harga berlangganan Rp 20 ribu selama 30 hari. . Kemudian unduh aplikasi ‘Karaoke Seru Dari Rumah’ melalui IndiHome Apps Store untuk menikmati karaoke di IndiHomeTV. Dengan berlangganan IndiHome Karaoke, pelanggan dapat menikmati kebebasan memilih lagu favorit dari berbagai genre seperti pop, rock, dan dangdut. Pelanggan juga akan dapat menelusuri lebih dari 5.000 lagu untuk dipilih dan dinyanyikan sepuasnya, memberikan pengguna lebih banyak fleksibilitas untuk menyesuaikan karaoke dengan selera musik mereka. Vice President Bisnis Telkomsel Home Broadband dan FMC Dedi Suherman mengamini IndiHome Karaoke bukan hanya layanan yang memberikan hiburan, namun juga menjadi salah satu cara untuk bersantai, melepas penat, dan menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga dan teman. Pihaknya juga menyasar pelanggan IndiHome yang memiliki layanan TV kabel atau IPTV. Dari total 8,5 juta pelanggan IndiHome, sekitar 33 persen atau 2,8 juta pelanggan merupakan pengguna IPTV. kata Jakarta, Jumat sore. , 22 Des 2023. IndiHome Karaoke diklaim mampu menciptakan lingkungan karaoke yang sempurna dan memungkinkan pengguna mengekspresikan bakat bermusiknya, bersenang-senang bersama keluarga, teman, atau bahkan sendirian. Kemudahan akses dan pilihan lagu yang beragam menjadikan IndiHome Karaoke sebagai pilihan hiburan tanpa harus keluar rumah. “Dengan memadukan teknologi dan hiburan, IndiHome Karaoke menawarkan pengalaman karaoke yang modern dan memuaskan kepada seluruh pelanggan,” kata Dedi. Hyundai Luncurkan Platform Kendaraan Listrik Baru Produsen mobil Korea Selatan Hyundai telah meluncurkan platform baru untuk kendaraan listriknya yang akan datang. Collected Poets 17 Maret 2024

Bukan Mod Game Minecraft, Sekuat Pedang, Ini Senjata Ampuh Mengalahkan Monster, Termasuk Skeleton dan Zombie

Collected Poets – Minecraft baru-baru ini membagikan tips cara mudah mengalahkan monster.

Cara ini bukanlah mod yang berisiko membahayakan game Minecraft Anda.

Hanya dengan menggunakan alat ini, kekuatannya akan setara dengan pedang pembunuh monster di Minecraft.

Baca Juga: Kiper PSIS Adi Satrio Telan Pil Pahit Jelang Gabung Timnas Kualifikasi Piala Dunia 2026 Mahesa Jennar Gagal Capai 4 Besar Tabel Liga 1 Indonesia

Termasuk skeleton dan zombie yang sering kali membuat Anda terkejut saat memainkan game Minecraft di malam hari.

Selain itu, Anda tidak perlu membuat pedang atau anak panah yang menghabiskan banyak sumber daya yang Anda simpan di game Minecraft.

Buat saja senjata ini dan lakukan gerakan yang disarankan saat Anda bertemu monster lucu di game Minecraft.

Baca Juga: WOW… Pengorbanan Spike Megawatt Hunger Pecahkan Rekor Akhir Musim Liga Voli Wanita Korea

Cara efektif mengalahkan monster di Minecraft

Ya, Minecraft menyarankan Anda membuat raksasa seperti Thor.

Minecraft Hammer sedang memasuki pengujian!

Baca Juga: PKS Dominasi Nama Baru, Calon Legislatif Lolos Pemilu DPRD Kota Semarang 2024 dari Dini Inayati hingga Agus Riyanto

Pertama buat palu Thor dengan bahan baku yang disebutkan pada gambar terlampir.

Soal Kelanjutan Beri Bantuan Beras, Jokowi: Kalau APBN-nya Memungkinkan…

Collected Poets, Medan – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bantuan pangan dari dana beras pemerintah kepada ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Labuhanbatu dan Padanglava, Sumatera Utara.

Jokowi mengatakan, bantuan akan kembali diberikan pada bulan April, Mei, Juni dan sepanjang anggaran APBN memungkinkan.

Subsidi beras merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan. Program tersebut dimulai pada bulan Januari dan akan berlanjut hingga Juni 2024. Setiap KPM mendapat kuota sebanyak 10 kilogram. Menurut Jokowi, perubahan iklim menjadi salah satu penyebab kenaikan harga beras dunia.

“Kalau APBN mengizinkan, habis musim akan dilanjutkan, tapi saya tidak bisa menjanjikan apa-apa ya… Nanti saya coba lagi, APBN kurang lebih cukup, lanjutkan. Saya setuju, ya. …” kata Jokowi didampingi Plt Gubernur Sumut Hasanuddin, Jumat, 15 Maret 2024. Menurut Jokowi, pengelolaan beras sulit dilakukan bagi 270 juta penduduk Indonesia. Tiap tahun dibutuhkan 31 juta ton. Di negara lain yang punya 10- 20 juta jiwa lebih mudah. ​​Jumlah penduduk Indonesia besar dan tersebar di 17.000 pulau dari Sabang sampai Merauke.

“Kalau petani panen 31 juta ton lebih, kita akan tenang. Seperti kemarin kemarau panjang, tanam tertunda. Kalau hujan deras mungkin ada yang terendam banjir,” ujarnya.

Berikutnya: Pj Gubernur Sumut Hasanuddin Tambah Bantuan Pemerintah…

12 Selanjutnya

Sarai dan Paspampres merespons meninggalnya Marhan Harahap saat Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Sumut. untuk mengetahui lebih lanjut

Ketua Umum Partai Golkar Eirlanga Hartarto mengatakan Golkar setidaknya akan mendapat 5 kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Apa kata Gerindra? untuk mengetahui lebih lanjut

Presiden Jokowi menambah 14 PSN baru pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Airlanga Hartarto di akhir pertemuan. untuk mengetahui lebih lanjut

Pemerintahan Jokowi telah menulis 195 NSP yang telah selesai hingga Februari 2024 senilai Rp1,519 triliun. Tahun ini terdapat 77 pekerjaan yang sedang berjalan dan 14 tambahan studi penuh

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana Jokowi fokus bekerja menjalankan pemerintahan. untuk mengetahui lebih lanjut

Viral video anggota Paspampres yang merobohkan spanduk protes seorang ibu saat kunjungan Jokowi ke Sumut. Apa kata Paspampres? untuk mengetahui lebih lanjut

Pakar hukum tata negara Feri Amsari menilai belum ada gerakan signifikan yang dilakukan 5 parpol dalam mengerahkan haknya untuk mendeteksi tanda-tanda kecurangan pada pemilu 2024. Baca selengkapnya

Berdasarkan Indeks Demokrasi V-Dem 2024, Faisal Basri menyebut indeks demokrasi Jokowi mendekati nol, lebih rendah dibandingkan Papua Nugini dan Timor Timur.

Pemain Cyrus Margono harus bersumpah untuk resmi menjadi warga negara Indonesia. untuk mengetahui lebih lanjut

Bayu Krisnamurthy, Direktur Utama Perum Bulog, mengatakan stok beras pemerintah saat ini berjumlah sekitar 1 juta ton beras kualitas tinggi. untuk mengetahui lebih lanjut

Momen John Cena Tampil Bugil saat Bacakan Nominasi Oscar 2024, Warganet Gak Habis Pikir

Collected Poets Showbiz – Penampilan John Cena di Oscar 2024 hari ini sungguh menghebohkan masyarakat dan netizen di media sosial. Tanpa mengenakan sehelai busana pun, John Cena benar-benar berhasil mengejutkan penonton.

Berdasarkan unggahan terbaru akun X @Bennyjohnson, terlihat momen dirinya tampil di atas panggung untuk membacakan Penghargaan Kostum Terbaik John Cena. Ini dimulai dengan Jimmy Kimmel yang merujuk pada kejadian serupa di Academy Awards 1974, meminta penonton membayangkan seorang pria telanjang berlari melintasi panggung.

Aktor dan pegulat tersebut keluar dan mengatakan bahwa dia telah berubah dan tidak akan melakukan adegan tinju.

Cena berjalan dengan canggung menuju mikrofon tanpa pakaian, amplop diperoleh untuk menutupi bagian pribadinya.

“Ssst, Jim, aku tidak ingin melebih-lebihkan apa pun,” John Cena dikutip Variety pada Senin, 11 Maret 2024.

“Saya merasa tidak enak karenanya. Ini peristiwa yang mulia,” lanjut bintang film Barbie itu.

Sontak, aksi John Cena langsung membuat penonton di adegan itu tertawa terbahak-bahak. Bahkan John Cena sempat gugup saat membuka kategori tersebut hingga Jimmy Kimmel masuk dan menggantikannya.

Reaksi warganet

Sontak, momen John Cena tampil bugil dan menutupi organ vitalnya dengan papan berhasil menarik perhatian netizen di media sosial.

“Masyarakat mulai kehilangan akal sehatnya,” tulis warganet.

“Ibarat kostum. Tapi acara Oscar yang dulunya megah, lama kelamaan makin aneh. Bermula dari tamparan Chris Rock,” tulis yang lain.

“Karton baru saja terbang,” kata yang lain.

“John Cena dianiaya dalam perjalanan menuju Oscar?” Chimki di tempat lain.

“Aku tidak bisa berhenti berpikir,” kata yang lain.

“Popularitasnya turun drastis hingga dia menjadi viral dan diundang ke podcast,” sahut yang lain.

“Aku bisa memperbesar gambarnya,” tulis yang lain. Lihatlah penampilan Ryan Gosling dalam I Only Can di atas panggung Academy Awards ke-96. Banyak hal menarik dalam acara tersebut. Salah satu yang menarik perhatian adalah saat Ryan Gosling tampil di panggung Oscar menyanyikan I Can Only Collected Poets. 13 Maret 2024